Desa Muntai Salurkan BLT DD Kepada 46 KPM

Daftar Isi
Bantan, Indometro.id - Pemerintah desa (Pemdes) Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama  untuk bulan Januari, Februari dan Maret tahun 2024.

Dalam penyalurana BLT DD ini sebanyak 46 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan angka satu bulan sebesar Rp 300.000 yang dilaksanakan di Showroom Desa Muntai, kamis, (04/04/2024).

Kepala desa (Kades) Muntai M Nurin mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program tindaklanjut dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa," kata Kades. 

"Bantuan BLT DD adalah kegiatan pemberian bantuan langsung berupa dana tunai yang bersumber dari Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat dan diputuskan melalui musyawarah Desa sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam peratuan perundang-undangan dan juga  untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem," ungkapnya.

Dijelaskannya Lagi, Pemberian BLT bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 25% (persen) dari total pagu Dana Desa setiap Desa.

Disisi yang sama Babinsa Muntai Serda Syafrizal mengatakana Kami dari TNI selaku Babinsa terus mengawasi kegiatan Desa khususnya hari ini penyaluran BLT DD di Desa Muntai," katanya.

"Diharapkan dengan adanya Bantuan ini dapat membantu masyarakat miskin agar tetap bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat miskin dan mencegah penurunan taraf kesejahteraan masyarakat miskin akibat kesulitan ekonomi," tambahnya.

Dalam acara ini dihadiri kades Muntai, Babinsa, Pendamping PLD, PDP, PDE, Ketua LPM dan Tokoh masyarakat serta KPM BLT-DD.**

Posting Komentar



#
banner image