Desa Pangkalan Batang Barat Gelar MTQ ke-IX Tingkat Desa

Daftar Isi
Bengkalis, Indometro.id - Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkalan Batang Barat menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ) ke-IX tingkat desa. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Masjid Umar bin Khattab, Dusun Karya Bakti ini dibuka secara resmi oleh Camat Bengkalis Taufik Hidayat, S.STP, Sabtu (25/6/2024).

Tiba dilokasi MTQ sekira pukul 20.30 Wib, Camat Bengkalis beserta tamu undangan disambut tabuhan kompang dari grup kompang Desa Pangkalan Batang Barat yang selanjutnya disuguh tari persembahan dari grup Sanggar Dusun Kampung Parit.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh santri Pondok Pesantren BEQURANIC Bengkalis, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh ketua panitia MTQ ke-9, Zamruddin.

Ketua panitia menyampaikan, MTQ kali ini mengangkat tema “Dengan Semangat MTQ Ke-IX Tingkat Desa Pangkalan Batang Barat, Mari Kita Jadikan Al Qur’an Sebagai Pembentuk Kepribadian Mukmin Sejati”.

“MTQ ini digelar selama 3 hari dimulai 25 hingga 28 Juni 2024. Memperlombakan kategori Tartil Qur’an, Tilawah, dan Kaligrafi. Peserta sendiri terdiri dari 3 kafilah, antara lain Kafilah Dusun Kematang, Kafilah Dusun Karya Bakti serta Kafilah Dusun Kampung Parit dengan keseluruhan peserta seramai 96 orang,” kata Zamruddin.

Sementara itu Pj Kepala Desa Pangkalan Batang Barat, Marvin Samudera menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama panitia dan jajarannya, atas kerja keras dan dedikasi mereka dalam menyukseskan acara tersebut.

Marvin juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui program Dana BERMASA yang memungkinkan desa-desa di Kabupaten Bengkalis melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat, termasuk MTQ.

“Pemerintah kabupaten Bengkalis hari ini telah menganggarkan anggaran BKK itu 1 milyar satu desa per tahun, ini adalah bantuan keuangan khusus terbesar di Indonesia. Bupati Kasmani bersama Wakil Bupati H Bagus Santoso sangat paham bahwa pembangunan daerah itu tidak hanya terkait pembangunan dan infrastruktur saja, tapi bagaimana membangun karakter manusianya,” ujar Marvin.

Marvin juga mengucapkan selamat bermusabaqah kepada seluruh peserta, ia berharap semoga bisa memberikan yang terbaik bagi Desa Pangkalan Batang Barat.

“Kami berharap MTQ ke-9 Desa Pangkalan Batang Barat ini menjadi wadah prestasi dan kaderisasi bagi generasi muda untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan hingga tingkat nasional,” pungkasrnya.

Turut hadir dalam acara ini, anggota DPRD Bengkalis periode 2019-2024 H. Arianto, Pj kepala desa se- Kecamatan Bengkalis, BPD se- Kecamatan Bengkalis, para tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, kelembagaan desa serta masyarakat Desa Pangkalan Batang Barat dan sekitarnya.**

Posting Komentar



#
banner image