Intervensi Serentak Stunting di Puskesmas Tanah Jambo Aye

Daftar Isi

 


Indometro.id | Puskesmas Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara melaksanakan kegiatan intervensi serentak untuk pencegahan stunting secara masif, Kamis, 13 Juni 2024. 

Kegiatan itu dipusatkan di Posyandu Cempaka Gampong Meunasah Panton Labu, menyasar ibu hamil, balita, dan calon pengantin yang mengunjungi fasilitas kesehatan Posyandu. “Kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting merupakan langkah nyata pemerintah dalam menanggulangi stunting, masalah gizi kronis yang dapat menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak-anak. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengidentifikasi serta menurunkan angka stunting di Kecamatan Tanah Jambo Aye,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, SKM, MM.

Pada kesempatan itu, Amir yang mewakili Pj Bupati Aceh Utara, mengatakan dalam upaya melawan masalah stunting yang masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat, Puskesmas Tanah Jambo Aye mengambil langkah besar dengan menyelenggarakan intervensi serentak di Posyandu yang ada di wilayah kecamatan itu.



Pembukaan kegiatan itu turut dihadiri oleh pejabat pemerintahan setempat, serta mendapat dukungan penuh dari tokoh masyarakat dan para tenaga kesehatan Puskesmas Tanah Jambo Aye. "Stunting bukan hanya masalah individual, tetapi juga merupakan indikator kesehatan dan pembangunan yang holistik," kata Amir Syarifuddin, didampingi Kepala Puskesmas Tanah Jambo Aye H Ismail, SKM. Untuk itu, sangat penting adanya upaya preventif dalam menangani stunting. 

Intervensi stunting yang dilaksanakan tersebut meliputi penyuluhan tentang gizi seimbang, pemberian suplemen nutrisi, serta pemantauan pertumbuhan anak secara berkala. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menurunkan angka stunting di Kecamatan Tanah Jambo Aye.

"Saya sangat mengapresiasi kolaborasi antara pemerintah desa, pemerintah kecamatan, dan pihak kesehatan dalam kegiatan ini. Ini adalah langkah konkret untuk memastikan anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang sehat dan berkualitas," tutur Amir..

Kegiatan intervensi serentak ini menjadi bukti nyata bahwa dengan kerjasama yang solid, masalah kesehatan masyarakat seperti stunting dapat diatasi secara efektif. Semoga langkah-langkah preventif ini menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lain dalam upaya pencegahan stunting," pungkas Amir.[ZR]

Posting Komentar



#
banner image