Pj Bupati Haili Yoga Hadiri Prosesi Adat Gayo di SMP N 1 Wih Pesam

Daftar Isi
Pj Bupati Haili Yoga Hadiri Prosesi Adat Gayo di SMP N 1 Wih Pesam (Foto.Dok.Ist/Indometro.id)

BENER MERIAH, Indometro.id - Pj Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si mengikuti acara prosesi adat Gayo Munulak ni anak ku jema tue e atau memulangkan kembali ke orang tua yang berlangsung di halaman Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kecamatan Wih Pesam, Selasa (11/6/2024).

Pj Bupati Haili Yoga mengatakan, kegiatan Munulak ni anak ku jema tue e" adalah penyerahan anak didik dari dewan guru kepada orang tua. Budaya Gayo ini, katanya, merupakan budaya yang dilakukan orang tua pada saat pertama kali mengantarkan anaknya untuk menuntut ilmu, sampai diserahkan kembali kepada wali murid.

"Munulak ni anak ku jema tue e" merupakan bentuk kearifan lokal yang memilki tujuan baik yaitu terciptanya komunikasi harmonis antara orang tua dan guru secara bersama-sama dalam mendidik anak, baik di rumah atau di sekolah,” ujar Haili Yoga.

Lebih lanjut, Haili Yoga menyebutkan, prosesi serah terima ini, mencerminkan adanya komitmen bersama, antara orang tua siswa dan guru bersama-sama mendidik anak. Intinya agar ilmu yang didapatkan anak didik bermanfaat.

"Mari kita galakkan dan lestarikan kearifan lokal, adat Munyerahni Anak Ku Tengku Guru serta "Munulak ni anak ku jema tue e", karena merupakan adat yang sudah ada sejak dulu. Namun seiring perkembangan zaman, tidak diterapkan lagi," sebutnya. (Hd).

Posting Komentar



#
banner image