Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, TPI Teluk Sinabang Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dan Kartu Kusuka

Daftar Isi


Simeulue, Indometro.id

 Pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa nelayan di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Simeulue, mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan serta terdaftar dalam basis data pemerintah.

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan jaminan perlindungan sosial bagi para nelayan, Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Simeulue menggelar sosialisasi perlunya BPJS Ketenagakerjaan dan Kartu Kusuka. Rabu, 25 Juni 2024.

Kepala Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang, Petrus Hutahuruk, menyampaikan bahwa dalam sosialisasi tersebut, pihaknya menghadirkan BPJS Ketenagakerjaan dan perbankan yang beroperasi di wilayah Simeulue, bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam serta mempermudah akses modal usaha bagi nelayan setempat.

"Agar nantinya dari sektor perikanan ini, dari kapal kecil bisa menjadi kapal besar, sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Simeulue," Harap Petrus.

Acara yang berlangsung di gedung pertemuan Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang ini juga dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Kapolres Simeulue yang diwakili oleh Kasatpol Airud Simeulue, Dandim Simeulue atau yang mewakili, serta perwakilan dari Lanal Simeulue.

Petrus mengungkapkan bahwa saat ini ditemukan masih ada nelayan di Simeulue yang belum terdata atau mengalami kesulitan dalam mendapatkan bantuan dan akses modal usaha. Ia menegaskan komitmennya untuk terus mendampingi para nelayan, membantu mempermudah mereka mendapatkan hak-hak yang seharusnya.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan para nelayan di Simeulue dapat lebih memahami pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan, termasuk pentingnya memiliki kartu Kusuka bagi nelayan.

A²n


1 komentar

Comment Author Avatar
27 Juni 2024 pukul 04.42 Hapus
Bagi Kami blm ada KTP Nelayan..apa wajib untuk buat KTP Nelayan.. Dan apa yg Menentukan Atau kata gori seseorang itu betul2 Nelayan.. Apa berdasarkan KTP seseorang itu jd Nelayan.. Mhn kami di beri pemahaman.. Trmksh...


#
banner image