Diduga Korupsi Penggunaan Dana Desa 2022/2023. Ormas SPM Sumsel Laporkan Borok Oknum Kades Cinta Jaya Pedamaran-OKI,

Daftar Isi

OKI, Indometro.id-

Sebagai bentuk kepedulian dan kontrol sosial, Ormas Serikat Pemuda dan Masyarakat (SPM) Sumatera Selatan menyoroti penggunaan Dana Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI, Provinsi Sumatera Selatan. Yopi Meitaha selaku koordinator aksi SPM Sumsel saat dibincangi awak media dikejari OKI Senin (8/7/24) dirinya mengatakan melaporkan oknum Kades Cinta Jaya di Kejari OKI, lantaran diduga ada penggunaan Dana Desa Cintajaya banyak kejanggalan.

Yopi mengatakan "Adapun hasil temuan kami di lapangan menemukan indikasi pada anggaran Dana Desa Tahun 2022 dan 2023 di Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran OKI, informasi di mana laporan Dana Desa pada Tahun 2022 dan 2023 Desa Cintajaya banyak kejanggalan dari total Pagu seluruh Dana Desa Tahun 2022 dan 20023 Desa Cinta Jaya dugaan korupsi dalam bentuk administrasi dan kegiatan diduga kuat Merk,Up dana dalam regulasi kegiatan Yopi menerangkan dari total pagu Dana Desa tahun 2023.

"Dari hasil temuan dan investigasi pada kegiatan dana desa di Desa diduga kuat pada beberapa kegiatan terjadi penyimpangan antara lain :

Dana Posyandu Desa diduga tidak terealisasi dengan baik. Dana pembangunan sarana dan produktif desa dan kegiatan ekonomi produktif yang diperlukan Desa sesuai hasil musyawarah desa diduga kuat rap di atas harga pasar.

Dana penghasilan tetap dan tunjangan Pemerintah desa untuk insentif Kaur umum, Kaur pemerintah dan Kaur pembangunan diduga terjadi penggelembungan pembayaran honorium perangkat desa.

Dana tambahan penghasilan tunjangan BPD, lembaga adat tunjangan LPMD, tunjangan RW, tunjangan hansip insentif RT untuk insentif tunjangan ketua, Wakil Ketua dan anggota diduga tidak terealisasi sepenuhnya Mark,Up.

Dana kegiatan TPPKK, bantuan kegiatan keagamaan, honor PTPKD, bantuan kesejahteraan guru PAUD diduga tidak terealisasi sepenuhnya Mark,Up. Pengadaan ATK, pengadaan pakaian dinas dan atribut, pengadaan bibit pertanian dan Perikanan penguatan Modal koperasi Desa diduga penggelembungan harga pada pengadaan barang.

Dugaan adanya membuat kegiatan atau proyek fiktif yang dananya di bebankan dari dana desa dan melakukan permainan Kong kolikong dalam proyek yang didanai dana desa ditelusuri sejak dilakukan musyawarah aparat desa yang tidak melibatkan masyarakat dalam musyawarah desa serta tidak adanya transparansi kepada masyarakat desa tentang pembangunan.

Diduga penyelewengan dana desa untuk kepentingan pribadi dengan modus meminjam sementara dana desa untuk kepentingan pribadi namun tidak dikembalikan. Membuat perjalanan dinas fiktip kepala desa dan jajarannya banyak kasus perjalanan untuk pelatihan dan sebagainya ternyata lebih ditunjuk untuk Pelesiran saja.

Pembelian inventaris kantor dengan dana desa namun peruntukan secara pribadi. Diduga memalsukan tanda tangan di salah satu kegiatan. Pembangunan baru rehabilitas peningkatan dan pemeliharaan tidak sesuai dengan pengerjaannya asal-asalan serta mengurangi volume pekerjaan pembangunan.

Kurangnya pengawasan dan tim Verifikasi dari Kecamatan dan BPMD diduga Ada setoran dikarenakan tim tidak turun ke lapangan hanya menerima laporan di atas meja. Diduga SPJ/LPJ dibuat oleh oknum di BPMD dengan membayar sejumlah uang. Temuan pemberitaan pada beberapa media yang diduga kuat Kades Cinta Jaya kebal hukum.beber yovi.

Yovi menghimbau kepada aparat penegak hukum agar segera memanggil dan memeriksa kepala desa Cintajaya serta pihak-pihak terkait guna merealisasikan program pemberantasan tindak pidana korupsi yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia kami selaku Ormas SPM Sumsel akan Mendesak Kejari OKI untuk memeriksa oknum kades tersebut"  pungkas nya.

Sementara Kepala Desa Cinta Jaya saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut via WhatsApp  namun tidak ada jawaban sampai berita ini diterbitkan Kepala Desa Cinta Jaya belum bisa dimintai tanggapan.

Posting Komentar



#
banner image