Dorong Peningkatan Produksi Pertanian di Simeulue: Kementan Salurkan Bantuan Alsintan

Daftar Isi

Foto : Ujicoba Alat Pertanian oleh Staf Ahli Kementan, Hendri, Bersama Dandim 0115/Simeulue, Letkol Kav Mahdan Almahirsyah dan Kadispangtan Simeulue, Samsuar 


Simeulue, Indometro.id

 Di hamparan antara tepi sungai dan sawah di desa Sua-sua, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan) bersama Dinas Pangan dan Pertanian setempat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian berupa hand traktor dan mesin pompa air kepada kelompok tani. 

Setelah diserahkan bantuan yang merupakan bagian dari upaya strategis untuk mendukung peningkatan produksi pertanian itu, ditempat tersebut juga langsung dilakukan ujicoba operasi alat oleh staf kementerian dan rombongan.

Hendri Sosiawan, staf tenaga ahli Kementan RI bidang teknologi inovasi pengelolaan irigasi, yang hadir langsung dalam acara penyerahan, menyampaikan harapan besar terkait manfaat dari bantuan yang diserahkan. “Dengan memanfaatkan alat pertanian ini dengan sebaik-baiknya, kami berharap indeks penanaman dan produksi padi di Simeulue dapat meningkat,” ujarnya.

Hendri juga menambahkan bahwa Kementan di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian saat ini, Andi Amran Sulaiman terus berupaya keras untuk mendapatkan penambahan anggaran, termasuk program pompanisasi. 

Dimana menurut nya program itu menjadi sangat krusial mengingat dampak El Nino yang mulai dirasakan sejak tahun lalu. “Dengan pompanisasi, air yang tersedia di sekitar persawahan dapat dimanfaatkan lebih optimal,” jelas Hendri.



Dalam suasana yang penuh semangat, Hendri mengungkapkan keyakinannya bahwa dengan tekad yang kuat, Kabupaten Simeulue minimal bisa memenuhi kebutuhan pangan lokal dan bahkan berpotensi menjadi salah satu kabupaten swasembada beras di masa mendatang. 

“Kami menyerahkan hand traktor dan pompa air bantuan dari Kementerian Pertanian kepada petani di Kabupaten Simeulue untuk membantu mempercepat pengolahan tanah para petani,” ujar nya.

Ucapan terima kasihpun mengalir dari para petani yang menerima bantuan. Mereka tidak hanya merasa terbantu tetapi juga termotivasi untuk meningkatkan produksi.

Dihadapan utusan Kementan, para petani juga menitipkan salam kepada Presiden RI Joko Widodo, Presiden terpilih Prabowo Subianto, dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dengan harapan agar mereka bisa berkunjung langsung ke Simeulue.

Sementara Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Simeulue, Samsuar, turut menyampaikan harapannya agar bantuan yang diberikan dapat mempercepat pengolahan tanah dan meningkatkan produksi padi di daerah tersebut. 

“Kami akan terus berupaya membantu dan memajukan petani kita, juga berupaya mengajukan bantuan dari pusat untuk mencukupi kebutuhan petani di daerah Simeulue,” ucap nya.

Agenda serah terima alat dan mesin pertanian yang digelar di beberapa titik dalam wilayah kabupaten Simeulue. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0115/Simeulue, Letkol Kav Mahdan Almahirsyah, jajaran pemerintah kecamatan, desa, dan kelompok tani setempat.

Dukungan dari segala unsur menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong kemajuan sektor pertanian di Simeulue.

Diharapkan dengan penyerahan bantuan tersebut bukan hanya produksi yang meningkat, tetapi juga kebutuhan petani yang menjadi ujung tombak ketahanan pangan tetap terperhatikan. Upaya itu menjadi salah satu langkah konkret dan cerminan nyata dari komitmen pemerintah untuk terus mendukung dan memperkuat sektor pertanian Indonesia.

A²n.

 

Posting Komentar



#
banner image