Moment Menarik dalam Perayaan HUT Bhayangkara Ke 78 Bersama Masyarakat di Wikum Polres Bengkayang

Daftar Isi

 



Indometro.id - Bengkayang

Tanggal 1 Juli 1946 Polri lahir di bumi Pertiwi Indonesia. Dimulai sejak itu ditetapkan 1 juli sebagai hari jadi Polri atau disebut HUT Bhayangkara.


Thema HUT Bhayangkara ke 78 pada tanggal 1 Juli 2024 yaitu " POLRI PRESISI UNTUK NEGRI, MENDUKUNG PERCEPATAN EKONOMI YANG INKLUSIF DAN BERKELANJUTAN MENUJU IDONESIA EMAS '


Pada tanggal 1 Juli 2024 kembali diperingati HUT Bhayangkara yang ke 78 tahun di wilayah hukum Polres Bengkayang. Awalnya Kapolres beserta jajaran melaksanakan apel bersama Forkopimda lainnya di lapangan kantor bupati bengkayang. 


Lanjut acara  syukuran Hut Bhayangkara ke 78  di Ramin bantang Kabupaten Bengkayang, jalan sanggau ledo, kelurahan Sebalo, kecamatan Bengkayang, kabupaten Bengkayang . ( 10.00 - selesai )


Turut hadir pada perayaan tersebut, Bupati Bengkayang ( Sebastianus Darwis. M.M ), Dandim 1209 Bengkayang  ( Letkol Inf. Albertinus mariono. SE ), Danlanut Harry Hadisoemantri / mewakili, Kepala Kejari Bengkayang ( Arifin Arsyad. S.H, M.H ), Ketua DAD Bengkayang (Martinus  Kajot, S.M ), Tokoh Agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh politik, dan awak media.


Melalui zoom miting di acara syukuran tersebut, Kapolda Kalimantan barat ( Irjen Pol. Pipit Rismanto. S.I.K, M.H ) menyampaikan bahwa perayaan HUT Bhayangkara tahun ini sangat berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Perayaan HUT Bhayangkara tahun ini bersama sama dengan masyarakat.


Irjen Pol pipit juga menyampaikan bahwa hal itu sebagai bukti kedekatan Polri dengan masyarakat. Selain itu sebagai momentum untuk mengawali kegiatan  Polri selanjutnya agar tidak hanya bergaul dengan kalangan menengah keatas melainkan bisa bergaul dan berkomunikasi dengan masyarakat semua kalangan. Dengan begitu Polri bisa mengerti keadaan atau kebutuhan masyarakat


Pesan Kapolda Kalbar kepada masyarakat dalam menyelesaikan Maslah agar melalui tingkatan tingkatan yang ada. Yaitu tingkat desa, ada  kades/ lurah, Babinkamtibmas dan Babinsa untuk membantu. Tingkat kecamatan ada Camat, Kapolsek, Koramil yang bisa membantu. Tingkat Kabupaten ada Bupati, Kapolres, Dandim bisa membantu. Jika masalah itu tidak juga bisa diselesaikan baru ketingkat Provinsi  ada Gubernur, Kapolda, Pangdam, yang bisa membantu.


" Prinsip kerja Polda Kalbar dimasa kepemimpinan saya harus secara simpel dan responsif. Untuk menjaga Kamtibmas diperlukan kerja sama atau patnersip dengan instansi instansi dan masyarakat. Trimakasih kepada lembaga / instansi, dan seluruh kalangan masyarakat karna sudah mendukung HUT Bhayangkara yang ke 78 ini. Ucap Bapak Irjen Pol. Pipit Rismanto.


Usai zoom miting dengan bapak Kapolda Kalbar, dilanjutkan dengan sambutan ketua DAD kabupaten Bengkayang ( Martinus Kajot. S.M ). Ketua DAD Bengkayang turut mengucapkan selamat dan sukses perayaan HUT Bhayangkara yang ke 17. Trimakasih diucapkan pak Kajot kepada polres Bengkayang atas selama ini menjaga dengan baik keamanan dan ketentraman di kabupaten Bengkayang. Beliau juga mengapresiasi kegiatan perayaan HUT Bhayangkara ke 78 boleh dilaksanakan di ramin bantang kabupaten Bengkayang, karna selama ini belum ini terjadi.


Bupati Bengkayang Hadie dan memberikan kata sambutan pada kegiatan syukuran Hut Bhayangkara ke 78 . 

" Selamat dan sukses peringatan Hut Bhayangkara ke 78. Saya mengapresiasi kegiatan peringatan Hut Bhayangkara tahun ini. Sudah 25 tahun usia kabupaten Bengkayang, belum pernah dilaksanakan upacara peringatan Hut Bhayangkara dilapangan kantor bupati bengkayang. Baru tahun ini dilaksanakan apel/ upacara bersama  dalam rangka HUT Bhayangkara.


Setelah upacara, dilaksanakan ramah tamah Hut Bhayangkara ke 78 di ramin bantang yang merupakan rumah masyarakat kabupaten Bengkayang. Saya setuju dengan kata sambutan Kapolda Kalbar mengatan perayaan HUT Bhayangkara bersama sama dengan masyarakat. Semoga kedepan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Polri semakin meningkat. Dan itu bisa menjaga stabilitas daerah.  Ucap pak Darwis.


Sesuai dengan Thema HUT Bhayangkara ke 78, pemerintah daerah kabupaten Bengkayang sangat mendukung. 


Bapak bupati mengingatkan menjelang pilkada pada tanggal 27 November  2024, harus tercipta stabilitas keamanan daerah. Banyak masalah terjadi di kabupaten Bengkayang. Misalnya masalah agraria, masalah plasma, masalah ketaga kerjaan di perusahaan dan lain lain. Harapannya itu tidak berdampak pada pilkada nantinya. Menjalga stabilitas keamanan daerah, bukan hanya tugas polisi. Hal itu merupakan tugas bersama seluru stakeholder yang ada beserta masyarakat. 


Kapolres Bengkayang dalam sambutannya mengatakan Polri merupakan representasi masyarakat. Artinya jika Polres Bengkayang bagus maka Pemdanya bagus, tokoh masyarakat nya bagus dan seluruh lapisan masyarakatnya bagus. 


Polisi adalah  pengayom masyarakat. Salah satu bukti yang dilakukan oleh Polres Bengkayang sebagai bentuk polisi pengayom masyarakat yaitu melakukan 17 rangkaian kegiatan jelang HUT Bhayangkara, seperti bansos bantuan air bersih dan sumur bor di kecamatan seluas dan Jagoi babang, bakti kesehatan dengan memberikan bansos kepada anak stanting dan ibu hamil, pemberian Beaya siswa sekolah yang berprestasi, memberikan bantuan kepada anak disibiltas di SLB yang ada dibengkayang dan lain lain.


Pada kesempatan ini Kapolres Bengkayang menekankan bahwa butuhnya sinergisitas atau kolaborasi Polres Bengkayang dengan Forkopimda, dan seluruh lapisan masyarakat dalam menyelesaikan masalah masalah yang ada di kabupaten Bengkayang, seperti masalah perkebunan, masalah tenaga kerja, Maslah narkoba dan masalah lainnya.


Atasa nama pribadi dan atas nama organisasi , dikesempatan HUT Bhayangkara yang 78 tahun mohon dukungannya agar polres Bengkayang boleh Lebih kuat, lebih bermanfaat, lebih dipercaya.

" Kami bukan lembaga superior diatas segalanya. Oleh karena itu jika kami ada kesalahan tolong tegur, nasehati, dan bimbing kami. Karna polisi Bengkayang juga bagian dari masyarakat. Tutup kapolres.

Posting Komentar



#
banner image