Peringati Tahun Baru Islam, Momentum Tingkatkan Kepedulian Sosial

Daftar Isi

Indramayu,Indometro.id

Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024 adalah momentum untuk meningkatkan akhlakul karimah dan kepedulian sosial terhadap lingkungan sekitarnya.


Bertemakan "Mari Berhijrah Menuju Pribadi Yang Bertakwa dan Berakhlak Karimah Dengan Berbagi Cinta, Berlimpah Berkah dan Peduli Sesama" Peringatan Tahun Baru Islam tingkat Kabupaten Indramayu kali ini dipusatkan di Masjid Agung Indramayu, Rabu (17/7/2024).


Berkolaborasi dengan Kementrian Agama (Kemenag), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Indramayu, peringatan tersebut di semarakkan dengan berbagai kegiatan antara lain lebaran anak yatim, khitanan massal, santunan dan bantuan kepada anak yatim dan disabilitas, ceramah keagamaan serta bantuan paket sembako untuk guru honorer.

Dalam sambutanya Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan momentum Tahun Baru Islam tersebut harus dijadikan sebagai ajang untuk peningkatan Akhlakul karimah dan kepedulian sosial terhadap warga yang membutuhkan. Kepedulian sosial menjadi sangat penting sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Indramayu.


Selain itu, Bupati Nina juga menyampaikan permohonan maaf karena keterbatasan waktu dalam memimpin Indramayu apabila dalam masa 3'5 tahun memimpin masih belum maksimal. Akan tetapi kami sudah banyak pembangunan dan perubahan positif yang sudah dilaksanakan untuk pencapaian visi Indramayu Bermartabat.


"Semoga kegiatan santunan anak yatim dan kepedulian kepada sesama ini mendatangkan kemuliaan, berkah dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Indramayu," harap Nina.

Dalam uraian ceramah yang disampaikan Ustaz Mohammad Zaki menyampaikan, Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H merupakan bahan evaluasi diri atas apa yang sudah dilakukan setahun lalu.


Zaki berharap semoga tahun baru ini dapat meningkatkan kebaikan, ibadah kepada Allah dan meninggalkan segala keburukan diri.


"Mengawali tahun baru 1446 Hijriah ini, mari kita perbanyak istighfar, shodaqoh serta wariskan anak Al-Qur'an dan Ilmu," jelasnya.


Sementara Ketua DKM Masjid Agung Indramayu Aan Fatul Anwar dalam laporannya menyampaikan bahwa pada acara ini melalui Baznas Indramayu memberikan santunan kepada 540 anak yatim dan disabilitas, khitanan massal sebanyak 46 anak yang berasal dari perwakilan kecamatan se-Kabupaten Indramayu, serta bantuan paket sembako untuk 500 guru honorer di Indramayu.


Aan menambahkan bahwa Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial dan wujud realisasi dari Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

(MT Jahol)

Posting Komentar



#
banner image