Pj Sekda Pimpin Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Satgas Percepatan Penurunan Stunting

Daftar Isi

 


BENER MERIAH, Indometro.id - Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si diwakili Pj Sekretaris Daerah Khairmansyah, S.IP.,M.Sc memimpin rapat terkait dengan fasilitasi dan koordinasi Satgas Percepatan Penurunan Stunting pada 12 Provinsi Prioritas yang berlangsung di Cafe and Meeting room Al-Fatah Hotel. Rabu, (10/7/2024).

Kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi Satgas Percepatan Penurunan Stunting pada 12 Provinsi Prioritas bertujuan untuk diseminasi capaian indikator program percepatan penurunan stunting sesuai pepres no 72 tahun 2021 dan RAN PASTI, dan mengetahui potensi dan kondisi 8 aksi konvergensi program PPS.

Selanjutnya, untuk mengetahui potensi dan masalah dalam verifikasi dan validasi keluarga sasaran intervensi program PPS, menyusun strategi optimalisasi kinerja TPPS dan konvergensi program PPS, dan menciptkan komitmen bersama untuk meningkatkan kinerja konvergensi  program PPS.

Pj Sekda Khairmansyah mengatakan, walaupun capaian prevalensi stunting secara provinsi menurun dari angka 31,2 persen pada tahun 2022 menjadi 29,4 persen ditahun 2023 akan tetapi masih jauh dibawah target nasional yaitu 14 persen.

Adapun lampiran surat dari Bappenas RI tentang pemutakhiran target prevalensi stunting nasional dan provinsi tahun 2025 yaitu 18,8 persen dan untuk provinsi Aceh 25.5 persen. Khusus Kabupaten Bener Meriah selama dua tahun terakhir mengalami penurunan persentase angka prevalensi stunting secara linier.

"Namun demikian kami mengapresiasi kinerja tim TPPS serta berharap TPPS Kabupaten Bener Meriah tetap semangat. Untuk melakukan intervensi program dan kegiatan penurunan angka stunting harus dijalankan secara masiv, terukur dan berkelanjutan,” kata Khairmansyah.

Dia meminta agar intervensi dan kegiatan penurunan stunting bisa sampai ke kelompok terkecil masyatakat yakni keluarga, melalui intervensi sensitif dan intervensi spesifik agar dapat mengukur sejauhmana tingkat ketepatan sasaran program yang telah dilaksanakan selama ini.

"Kami berharap kita semua harus bisa menyamakan persepsi untuk membuat rencana kerja dan rencana aksi yang lebih cepat dan terukur dalam upaya penurunan angka stunting di Bener Meriah. Kami ingin tim TPPS menjalankan program dan kegiatan secara konvergensi, berkesinambungan dan tepat sasaran, juga berkoordinasi secara intens dengan semua pihak serta tentunya lakukan evaluasi dan dilaporankan," tutupnya.

Kegiatan itu, dihadiri Kepala BKKBN Aceh yang diwakili Ketua Tim Kerja Pembinaan dan Pengelolaan Lini Lapangan BKKBN Aceh Irma Dimyati, SE, M.Si, Kadis DP3AKB Edi Jaswin, S.KM.,M.Si, mewakili Kepala Kemenag dan para Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Bener Meriah. 


(Hd).

Posting Komentar



#
banner image