Dirgahayu Republik Indonesia, Korem 044/Gapo Gelar Upacara Peringatan HUT Ke 79 Republik Indonesia

Daftar Isi
Indometro.id, PALEMBANG  -


Korem 044/Gapo menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, bertempat di Lapangan Makorem 044/Gapo Jl. Jenderal Sudirman Km. 4 Kota Palembang, Sabtu (17/8/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kaajenrem 044/Gapo Letkol Caj Herry Suyamto, S.S.

Upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus tahun 2024 menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju.” Momentum bersejarah ini melambangkan transisi perpindahan ibu kota, sekaligus keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti.

Pada upacara tersebut, Kaajenrem membacakan amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Panglima TNI mengatakan, “Sebagai generasi penerus, wujud penghormatan dan penghargaan yang paling mulia adalah mewarisi tradisi dan nilai-nilai kejuangan, serta melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,”.

“TNI sebagai komponen utama dalam Sistem Pertahanan Semesta harus mampu menjadi pelopor perekat kemajemukan bangsa agar Indonesia tetap utuh, kuat dan tangguh.  Untuk itu, setiap personel TNI harus selalu menggelorakan rasa kebersamaan, toleransi dan solidaritas di lingkungannya masing-masing guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ucapnya.

“Tugas kita ke depan bukan semakin ringan, tetapi sebaliknya, makin kompleks dan dinamis.  Menyikapi hal tersebut, TNI harus diawaki oleh prajurit-prajurit yang handal, tangguh dan kompeten agar memiliki keunggulan kompetitif dan makin disegani oleh militer negara-negara di dunia,”.

Panglima TNI juga mengingatkan, komitmen TNI untuk menjaga netralitasnya pada pelaksanaan Pilkada.

“TNI tidak berpolitik praktis. Untuk itu, pelajari, pahami dan implementasikan Netralitas TNI pada ajang Pilkada Serentak yang akan datang,” tegasnya.

Panglima TNI juga tidak henti-hentinya mengingatkan kepada segenap prajurit dan PNS TNI untuk berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial maupun aplikasi digital. 

“Jauhi judi online karena dampaknya bisa merusak sendi-sendi kehidupan dan keharmonisan keluarga, menurunkan moril, semangat dan integritas pengabdian, serta dapat berpengaruh terhadap institusi TNI, bahkan kondisi sosial nasional,” ujarnya.

Panglima mengucapkan terima kasih terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan PNS TNI atas semangat, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan dalam menjalankan tugas selama ini. Sehingga berdasarkan hasil survei media terkemuka pada bulan Juni yang lalu terkait citra lembaga negara, menyatakan TNI berada pada urutan teratas. Keberadaan TNI selalu dibutuhkan dan terus mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.   

“Marilah kita jadikan momen peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai tonggak baru dalam memperkuat komitmen dan integritas kita untuk menjadi prajurit dan PNS TNI yang siap mendukung pembangunan nasional dan kehadiran bermanfaat bagi eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia.” pungkasnya.

( Jhon ) IM

Posting Komentar



#
banner image