Empat Kecamatan Di kabupaten Bekasi Petani Gagal Panen Akibat Kekeringan

Daftar Isi


Bekasi – IndoMetro.id
Ratusan petani di empat Kecamatan Kabupaten Bekasi, aksi demo di pintu air sukandanau Cikarang untuk mendapatkan air, petani keluhkan kekeringan dan ancaman gagal panen akibat sulit mendapatkan air dan diterjang kemarau panjang yang terjadi akhir-akhir ini. Kemarau panjang telah memicu kekeringan pada sawah-sawah petani  dan mengancam ratusan hektar sawah gagal panen Jumat (09/8/2024).


Kondisi demikian menjadi keluh kesah petani sawah di empat kecamatan salah satunya di wilayah kecamatan Tambelang, kecamatan Cibitung, kecamatan tambun Utara dan kecamatan sukawangi, Keluhan petani yang hadir seragam, bahwa kondisi persawahan dan tanaman padi mereka sangat memprihatinkan akibat kekeringan. Padi mereka tidak berkembang dengan baik karena tidak teraliri air. Tanah persawahan kering dan terbelah-belah.


Kekeringan sawah yang melanda wilayah empat kecamatan mereka kian diperparah akibat kendala selalu tertutup di pintu air sukandanau, Cikarang kalah denga aliran PDAM dan PT menyebabkan pasokan air ke persawahan terhenti total air tersendat ke wilayah Utara Warga menyebut, terdapat kurang lebih ratusan hektar sawah saat ini terancam gagal panen,.


Terhadap kondisi demikian, Anen salah satu petani berharap pemerintah dapat mengintervensi masalah ini sebagai bencana gagal panen (fuso). Ia mendesak pemerintah menggulirkan bantuan stimulus bagi petani yang mengalami gagal panen. Sebab menurutnya, petani harus mengeluarkan biaya produksi yang besar dalam menanam.


Dengan stimulus itu, Anen berharap bisa meringankan beban petani di empat kecamatan tersebut hingga kemarau berakhir"


(Rnh)

Posting Komentar



#
banner image