Pagelaran Wayang Kulit Sang Gatutkaca Sembada Nata Praja Meriahkan Hari Jadi Klaten ke-220

Daftar Isi

 

Penyerahan tokoh wayang kepada Dalang. 
Klaten - indometro.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar pertunjukan wayang kulit memperingati Hari Jadi Klaten ke-220. Dari pukul 19.00 WIB, ribuan masyarakat Klaten begitu antusias memadati Alun-alun. Mereka sudah menunggu gelaran wayang kulit dengan lakon Sang Gatutkaca Sembada Nata Praja yang baru mulai sekitar pukul 20.30 WIB. Pentas wayang yang menghadirkan dalang Ki MPP Bayu Aji, Niken Salindry, Cak Slendro, dan Andik TB.

Kadinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sri Nugroho mengatakan, gelaran wayang kulit yang juga digelar dalam rangka memeringati HUT RI ke-79 itu dirangkaikan pula dengan sosialisasi gempur rokok ilegal.
"Tentunya di samping memperingati Hari Jadi Klaten dan HUT tahun 2024, ini sekaligus mensosialisasikan gempur rokok ilegal, dan juga melestarikan kebudayaan asli Jawa," kata Nugroho semalam.

Nugroho mengatakan, pagelaran wayang ini pun menjadi upaya Pemkab Klaten untuk terus melestarikan kesenian dan kebudaya di Indonesia.
"Ini sebagai anugerah kita bersama, bahwa bangsa Indonesia mempunyai pagelaran wayang kulit," tuturnya.

Turut hadir dalam pagelayaran wayang, Bupati Klaten Sri Mulyani beserta jajaran Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kepala desa, tamu undangan, dan masyarakat umum.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan peringatan Hari Jadi ke 220 Klaten dan HUT ke-79 RI dirayakan Kabupaten Klaten dengan sangat meriah. Ada berbagai sajian yang disiapkan untuk menghibur seluruh masyarakat Klaten.
"Kita memberikan suguhan, kita memberikan hiburan kepada seluruh pecinta seni, seperti pada malam hari ini, wayangan. Untuk yang senang selawatan, kita undang Habib Zaidan untuk bershalawat di alun-alun," kata Mulyani.

Ia mengungkapkan, Pemkab Klaten telah menyiapkan 52 kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Klaten dan HUT RI. Puncaknya, akan ada konser Gilga Sahid dan Happy Asmara pada 22 September mendatang.

Sri Mulyani berharap, dengan banyaknya hiburan yang digelar, roda perekonomian Kabupaten Klaten bisa ikut meningkat. Para pelaku UMKM juga dapat menjajakan usahanya pada setiap kegiatan yang digelar Pemkab Klaten.
"Jadi dengan memberikan hiburan, membuat roda perekonomian tumbuh, UMKM tumbuh, sehingga kita juga dapat membantu menumbuhkan ekonomi di Klaten. Semoga masyarakat terhibur," katanya.

Posting Komentar



#
banner image