PHDI Kota Bekasi Serahkan SK Pengurus Banjar Bekasi Periode 2024-2027

Daftar Isi

Kota Bekasi, Indometro.id-

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bekasi telah secara resmi menerbitkan Surat Keputusan (SK) yang menetapkan kepengurusan Banjar Bekasi untuk periode 2024-2027. SK ini ditandatangani oleh Ketua PHDI Kota Bekasi, I Gusti Made Rudhita, S.IP., S.H., M.H., dan Sekretaris I Nyoman Sujawan. I Gede Darmayusa kembali terpilih sebagai Ketua Banjar Bekasi untuk ketiga kalinya.

Acara penyerahan SK ini berlangsung dalam suasana guyub dan sakral yang dirangkaikan dengan Persembahyangan Matur Piuning serta Pengukuhan Pengurus Banjar SDHD Bekasi. Prosesi ini dipuput oleh Ida Pedanda Gde Sebali Waisnawa Mahardika dan bertempat di Pura Agung Tirta Bhuana, Kota Bekasi, pada Minggu sore, 25 Agustus 2024. 

Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh Hindu dari berbagai organisasi keumatan Hindu di Bekasi. Serta hadir pula ratusan umat Hindu setempat yang turut memberikan dukungan moral kepada pengurus yang baru.

Seusai acara ritual keagamaan, Ketua PHDI Kota Bekasi, I Gusti Made Rudhita saat diwawancarai wartawan menyampaikan harapannya agar kepengurusan Banjar Bekasi yang baru ini dapat semakin menguatkan sinergi dengan sekitar 20 organisasi Hindu lainnya yang ada di Kota Bekasi. 

“Sinergi yang baik antarorganisasi sangat penting untuk memperkuat peran keberadaan pura dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) Umat Hindu di Kota Bekasi, terutama dalam mempersiapkan regenerasi kepemimpinan organisasi di masa mendatang,” ujar Rudhita.

Rudhita juga secara khusus memberikan ucapan selamat kepada I Gede Darmayusa atas amanah yang kembali diembannya. 

“Saya berharap kesuksesan yang telah dicapai dalam dua periode kepemimpinan sebelumnya dapat terus ditingkatkan. Selain itu, sangat penting untuk mempersiapkan estafet kepemimpinan untuk periode berikutnya agar keberlangsungan organisasi tetap terjaga dengan baik,” tambahnya.

Gede Darmayusa, yang telah memimpin Banjar Bekasi selama dua periode sebelumnya, dikenal sebagai sosok yang berkomitmen tinggi dalam memajukan komunitas Hindu di Bekasi. Kepemimpinannya selama ini telah membawa berbagai kemajuan, baik dalam hal penguatan internal organisasi maupun hubungan eksternal dengan pihak-pihak terkait. 

Dalam periode ketiga ini, Darmayusa diharapkan dapat terus melanjutkan berbagai program yang telah berjalan, serta membawa inovasi baru untuk meningkatkan kesejahteraan umat Hindu di Kota Bekasi.

Selain itu, Rudhita menekankan pentingnya secara bersama-sama memperjuangkan kemudahan fasilitas ritual bagi umat Hindu di Bekasi yang notabene jumlahnya terbanyak di Jabodetabek, juga terbesar di Provinsi Jawa Barat. Salah satu fokus utamanya adalah terkait dengan penyediaan krematorium, lokasi melasti, dan sarana prasarana lainnya yang dekat dengan umat Hindu di wilayah Bekasi. 

“Hal ini perlu dicari solusinya agar dapat mengurangi beban umat kita dalam menjalankan aktivitas keagamaan Hindu,” tegas Rudhita.

Acara pengukuhan ini menjadi momentum penting bagi Banjar Bekasi untuk melangkah lebih maju. Dengan kepengurusan yang baru, diharapkan Banjar Bekasi dapat terus menjadi wadah yang solid dalam memperjuangkan kepentingan umat Hindu di Kota Bekasi, sekaligus menjalin kerjasama yang lebih erat dengan berbagai pihak guna mewujudkan visi dan misi organisasi ke depannya, serta kesejahteraan Umat Hindu khususnya.

(Dewa)

Posting Komentar



#
banner image