Wakil Asisten Teritorial Panglima TNI Cek Langsung TMMD Reguler di Kalikotes Klaten

Daftar Isi

  Prajurit TNI yang terlibat dalam TMMD Reguler ke-121 Klaten. 

Klaten,indometro.id - 

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Werijon, tinjau langsung pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-121 tahun 2024 di Desa Tambong Wetan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Selasa (6/8/2024).


Pada kesempatan itu, Waaster mengungkapkan kebanggaannya atas sinergitas Pemkab Klaten dengan Kodim 0723/Klaten.Kedatangan Waaster Panglima TNI disambut Danrem 074/Warastratama Kolonel (Inf) Ali Akhwan, Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo.

Hadir Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten Faizal Banu serta rombongan Forkopimda Klaten. Dalam kunjungan itu, Brigjen TNI (Mar) Werijon melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan TMMD reguler di Tambong Wetan.

Brigjen TNI Werijon juga meminta prajurit TNI untuk terus meningkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah, instansi vertikal, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan komponen masyarakat lainnya. Dia berpesan agar para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD mengoptimalkan capaian program.

“Tingkatkan sinergitas dengan Pemda, instansi vertikal lain, akademisi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan komponen masyarakat lainnya untuk mendukung kegiatan TMMD,” kata Brigjen TNI (Mar) Werijon.


Brigjen TNI (Mar) Werijon menyampaikan kebanggaannya terhadap sinergitas Pemkab Klaten dengan Kodim 0723/Klaten. Hal itu lantaran program inovatif yang rutin digelar yakni Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) yang dilaksanakan enam kali dalam setahun.


Komandan Kodim 0723/Klaten selaku Dansatgas TMMD, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, menjelaskan TMMD reguler ke-121 sudah berjalan sekitar 14 hari sejak dibuka pada Rabu (24/7/2024).


Sasaran TMMD Reguler ke-121 meliputi pembuatan jembatan baru, pembuatan jalan serta betonisasi, pembuatan talut, pompanisasi, rehab RTLH, jambanisasi, serta berbagai penyuluhan.

“Latar belakang terpilihnya Desa Tambong Wetan karena terbatasnya akses pertanian, masih ada warga yang rumahnya belum layak huni, dan pemenuhan kebutuhan air bersih dan air untuk pertanian,” kata Dansatgas.



Bambang juga menjelaskan pasukan Satgas TMMD reguler yakni dari Yonif 408 Subhrasta, Lanud Adi Sumarmo, Yonzipur dan Denzipur  tidur di rumah warga. Tujuannya agar dapat menyatu dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di Desa Tambong Wetan.



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten, Wahyuni Sri Rahayu, dalam sambutanya sangat mengapresiasi kemanunggalan TNI dan masyarakat melalui TMMD reguler ke-121. Program itu menggugah kembali semangat gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.

“Pemkab Klaten memiliki program andalan yang merupakan inovasi dari Pemkab dengan Kodim 0723/Klaten dalam mempercepat pembangunan di wilayah yakni KBMKB yang saat ini sudah digelar sebanyak 23 kali. Kegiatan KBMKB sama dengan program TMMD reguler maupun TMMD Sengkuyung,” tutur Rahayu.




Posting Komentar



#
banner image