PWI Labuhanbatu Sosialisasikan Peraturan Dewan Pers Tentang PPRA

Daftar Isi

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu Saat Gelar Sosialisasi. (Photo:RT/Indometro)

RANTAUPRAPAT, Indometro.id - Demi meningkatkan kapasitas kewartawanan dalam pemahaman terhadap pemberitaan anak, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu menggelar sosialisasi Peraturan Dewan Pers Nomor: I/ Peraturan-DP/ II/ 2019 tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak.


Acara itu dilaksanakan pada Rabu, (4/9) di Natural Cafe N Resto, Jalan Taruna, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara. Sebanyak 22 orang anggota dan pengurus menjadi peserta pada kegiatan yang dinarasumberi oleh Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu, Ahmad Fadli Rangkuti, M.Kom.


Fadli menyambut baik kegiatan yang digawangi oleh PWI sebagai organisasi Pers tertua di Indonesia. Menurutnya, PPRA merupakan rangka dalam setiap penulisan berita demi melindungi, dan menjaga hak-hak anak, baik anak yang menjadi korban, maupun sebagai pelaku kejahatan.


“PPRA sudah dimulai sejak tahun 2019. Penulisan berita tentang anak sebagai saksi, korban, maupun tersangka telah ada pedomannya. Itu yang perlu kita jaga demi melindungi hak anak,” katanya.


Sementara itu, Ketua PWI Labuhanbatu, Rony Afrizal SE, menekankan kepada seluruh pengurus, dan anggota agar tetap mengedepankan adab dan etika dalam setiap melaksanakan kegiatan jurnalistik. Dia mengingatkan anggota agar menjaga nama besar PWI Labuhanbatu.


“Sedikit mengingatkan kepada seluruh pengurus dan anggota untuk menjaga nama baik PWI Labuhanbatu, tetap menjunjung tinggi adab dan etika dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik,” ucapnya.


Rony juga mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu, khususnya Kepala Dinas Kominfo, Fadli Rangkuti yang terus bergandeng tangan, dan selalu terlibat langsung dalam setiap agenda kegiatan PWI Labuhanbatu.


“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kadis Kominfo Labuhanbatu yang selalu bergandeng tangan, dan terlibat dalam setiap agenda PWI,” ucapnya.


Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Afriandi mengatakan, adapun tujuan kegiatan ini guna meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota PWI terhadap PPRA. Dia berharap, PWI dapat menjadi tonggak kemajuan Pers di Kabupaten Labuhanbatu.


“Tujuan kegiatan ini, merupakan peningkatan kapasitas dan pemahaman terhadap PPRA. Semoga kedepan pers semakin jaya, dan PWI Labuhanbatu dapat menjadi tonggak dalam kemajuan Pers Labuhanbatu,” tutupnya.


Sosialisasi PPRA menghadirkan tiga orang narasumber, selain Kadis Kominfo Labuhanbatu Ahmad Fadli Rangkuti, ada juga  Ketua PWI Labuhanbatu, Rony Afrizal, dan Sekretaris PWI Labuhanbatu, Kurnia Hamdani yang turut menjadi narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan dari pagi hingga sore hari.

Posting Komentar



#
banner image